Pengertian Demokrasi Menurut Ahli



Demokrasi adalah bentuk/mekanisme system pemerintahan dalam satu negara untuk berusaha wujudkan rakyat yang berdaulat atas negara dengan digerakkankan oleh pemerintah negara itu. Dengan cara etimologis, Demokrasi datang dari bahaya Yunani yakni demos serta kratein di mana demos bermakna rakyat serta kratein bermakna pemerintahan atau kekuasaan. Jadi Demokrasi yaitu pemerintahan atau kekuasaan rakyat.

Demokrai sebagai system pemerintahan telah dipakai mulai sejak jaman Yunani kuno. Ketika itu, semuanya rakyat ikut dengan cara segera mengulas bebrapa masalah pemerintahan. Demokrasi itu dimaksud demokrasi segera. Sesudah jaman Yunani kuno, demokrasi telah tidak sering digunakan sebagai system pemerintahan. Barulah sesudah jaman Renaissance, demokrasi bangkit kembali dengan pertimbangan seperti berikut :

Perasaan tak suka dengan oligarki (pemerintah yang digerakkan oleh sebagian orang yang berkuasa dari kelompok atau grup spesifik), segolongan kecil rakyat yang selalu melakukan tindakan menurut kemauannya.
  • Dampak aliran politik serta sosial yang menginginkan kesamaan. 
  • Perubahan butuh serta sebaiknya demokrasi. 
  • Pelopor yang sudah memperjuangkan lahirnya demokrasi, salah satunya yakni J. J Rousseau, John Locke serta Montesquieu. Perubahan setelah itu, demokrasi makin diperlukan sebagai system pemerintahan banyaknya negara yang ada di semua dunia. 

Pada umumnya, pengertian demokrasi yaitu satu system dalam pemerintahan dengan melibatkan rakyat dalam system pemerintahannya. Meskipun sekian, pengertian demokrasi ini mempunyai banyak penafsiran menurut beberapa pakar, tersebut pengertian demokrasi menurut beberapa pakar :

Pengertian demokrasi menurut beberapa ahli 

1. Pengertian demokrasi menurut Abraham lincoln 

Demokrasi yaitu satu pemerintahan yang datang dari rakyat, olehrakyat serta untukrakyat. Bisa diambil kesimpulan kalau pemegang kekuasaan yang paling tinggi dalam satu system demokrasi yakni ada di kuasa rakyat serta rakyat mempunyai hak, peluang serta nada yang sama untuk mengontrol serta mengatur kebijakan pemerintah lewat ketentuan yang paling banyak.

2. Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen 

Demokrasi yaitu satu bentuk pemerintahan di mana semua ketentuan pemerintah yang utama dengan cara segera maupun tidakdidasarkan padakesepakatan sebagian besar yang didapatkan dengan bebas pada rakyat dewasa.

3. Pengertian demokrasi menurut Sidney Hook 

Demokrasi yaitu system pemerintahan di mana tiap-tiap ketentuan pemerintah yang utama secaralangsung maupun tak didasarkan padakesepakatan sebagian besar yang didapatkan bebas dari rakyat dewasa.

4. Pengertian demokrasi menurut H. Harris Soche 

Demokrasi yaitu satu system pemerintahan rakyat karenanya kekuasaanpemerintahanmelekat pada diri rakyat/orang banyak serta hak untuk rakyat atau orang banyak untuk menjaga, serta mengatur dan membuat perlindungan dari satu paksaan serta pemerkosaan orang lain/tubuh yang diserahi untukmemerintah.

5. Pengertian demokrasi menurut Ranny 

Demokrasi yaitu suatubentukpemerintahan yang diatur serta diorganisasikan berdasar pada prinsipprinsip kedaulatan rakyat, persamaan politi, konsultasi atau dialogdenganrakyat serta berdasar pada padaaturan yang sebagian besar.

6. Pengertian demokrasi menurut Hannry B. Mayo 

Demokrasi yaitu satu kebijaksanaan umum yang diputuskan atas basic sebagian besar oleh wakil-wakil yang diawasisecara efisien oleh rakyat dalam tiap-tiap penentuan yangdidasarkanatas prinsip persamaan politik serta dikerjakan dalam situasi dimanaterjadi kebebasan politik.

7. Pengertian demokrasi menurut Merriam, Webster Dictionary. 

Demokrasi disimpulkan sebagai pemerintahan oleh rakyat yang dengan cara spesial oleh sebagian besar serta pemerintahan di mana kekuasaantertinggi tetaplah digerakkan oleh rakyat baik segera ataupun tak segera dengan melalui system perwaklan yang umumnya dikerjakandengan mengadakan pemilu dengan cara bebas yang dikerjakan dengan cara periodik serta rakyat umumkhususnya untuk mengangkat sumber otoritas politik serta tidakadanya ketidaksamaan kelas yang berdasarkan atas ketentuan yang semena-mena atau berdasar pada keturunan.

8. Pengertian demokrasi menurut C. F. Strong 

Demokrasi yaitu satu system pemerintahan yang sebagian besar anggota dewan dari orang-orang yang ikut turut dalam politik berdasar pada system perwakilan yang menanggung pemerintah pada akhirnya bisa mempertanggungjawabkan semua aksi pada sebagian besar itu.

9. Pengertian demokrasi menurut Abdul Ghani Ar Rahhal. 

Demokrasi yaitu kekuasaan oleh rakyat di mana rakyat sebagai sumber kekuasaan. Ia mengatakan kalau Plato adalah orang yang pertama kalinya mengungkap teori demokrasi, di mana sumberkekuasaannya adalah hasrat yang tunggal bukanlah majemuk.

10. Pengertian demokrasi menurut Yusuf Al-Qordhawi 

Demokrasi yaitu satu wadah untuk orang-orang untuk pilih seorang untuk jadi pengatur kebutuhan orang-orang di mana pimpinannya tidaklah orang yang dibenci, ketentuannya bukanlah yangmasyarakat tak diinginkan serta orang-orangberhak memohon pertanggungjawabab pada penguasa jika pemimpin itu salah. Namun orang-orang tak memiliki hak memecatnya bila menyelewengkan, orang-orang juga tak dapat dibawa dalam system ekonomi, budaya, sosial atau system politik yg tidak dikenali serta tak disenangi.

11. Pengertian demokrasi menurut Koentjoro Poerbopanoto

yaitu satu system yang di mana rakyat harus turut ikut aktif berparsipasi dalam pemerintahan negara.

12. Pengertian demokrasi menurut Charles Costello

yaitu satu system dalam politik pemerintahan serta sosial dengan kekuasaan ada di pemerintah namun dibatasi oleh hukum serta adalah satu kebebasan pada tiap-tiap warga negara dalam membuat perlindungan semua hak-haknya.

13. Pengertian demokrasi Menurut Samuel Huntington

yaitu demokrasi dapat ada saat beberapa pembuat ketentuan yang terkuat dalam satu system itu diambil lewat pemilu yang adil, jujur serta berkala dan mengaplikasikan kebebasan berkompetisi untuk tiap-tiap calon yang mempunyai tujuan untuk peroleh suara

14. Pengertian demokrasi menurut Maurice Duverger 

yaitu langkah pemerintahan di mana ada satu kelompok yang harus diperintah serta memerintah sama atau mungkin tak terpisahkan.

15. Pengertian demokrasi menurut Prof. Mr. Muhammad Yamin 

yaitu satu basic di dalam pembentukan pemerintahan serta ada didalamnya atau masyarat dalam satu kekuasaan untuk mengatur serta memerintah supaya dikendalikan dengan cara sah oleh tiap-tiap semua warga negara.

16. Pengertian demokrasi menurut International Commision of Jurist 

yaitu satu bentuk pemerintahan yang di mana ada hak dalam bikin satu ketentuan politik harus diadakan oleh rakyat melalui beberapa wakil yang sudah dipilih dalam satu sistem pemilu.

17. Pengertian demokrasi menurut Affan Ghafar 

yaitu terdiri dari dua hal yakni demokrasi normatif yaitu demokrasi yang biasanya diwujudkan oleh negera. Sedang untuk demokrasi empirik yaitu satu demokrasi yang wujudnya cuma ada didunia politik.

18. Pengertian demokrasi menurut Yeni R. Lukiswara serta Sumarno AP 

yaitu pemerintahan dari rakyat, olehh rakyat serta untuk rakyat.

Macam-macam Demokrasi


Nah dari pengertian demokrasi menurut beberapa pakar di atas, kita bisa merumuskan beberapa macam demokrasi yakni seperti berikut :

1. Demokrasi pancasila yaitu system demokrasi yang terpusat pada masukan, kebutuhandan nada rakyat dan mempunyai jiwadandasar memahami pancasila atau nilai-nilai mulia pancasli yang bersumberpada tata nilaisosialbudaya.

2. Demokrasi liberal yaitu system demokrasi yang mengutamakan pada kebebasan manusia untuk mempunyai kebutuhan manusia serta kekuasaan dalam pemerintahan yang dibatasi oleh undangundang.

3. Demokrasi terpimpin yaitu system demokrasi yang menginginkan mengarahkan pada pimpinan tunggal

4. Demokrasi proletar yaitu system demokrasi yang menginginkan menyejahterakan rakyat dengan semua sesuatuny diputuskan serta dikuasai oleh negara dan tak mengetahui kelas orang-orang.

5. Demorasi totaliter yaitu demokrasi yang memiliki maksud paling utama untuk menghalalkan semua langkah.

6. Demokrasi titular yaitu satu system demokrasi yang bercampur dengan style lama serta moderen.

7. Demokrasi resmi yaitu satu demokrasi yang meletakkan kesamaan kedudukan setiaporang dalam politik dengan tak memasukkan usaha dalam menyingkirkan kesenjangan ekonomi.

8. Demokrasi material yaitu demokrasi yang terwujud atas kesamaan ekonomi serta sosial.

Dari beberapa macam demokrasi di atas jadi kita bisa temukan bebebrapa tanda-tanda demokrasi yakni seperti berikut :

  • Mempunyai jaminan kekuasaan yang disetujui dengan cara bersama 
  • Mempunyai jaminan kemerdekaan untuk tiap-tiap warga negara untuk berkumpul serta beroposisi. 
  • Mempunyai jaminan HAM (baca pengertian ham menurut beberapa pakar). 
  • Mempunyai kekuasaan pemerintahan yang dikendalikan oleh rakyat dengan lewat utusan yang diambil rakyat. 
  • Mempunyai kesamaan kedudukan serta perlakuanbagi semua warganegara dalamhukum. 


Mengenai prinsip-prinsip demokrasi yang perlu di ketahui yakni seperti berikut :

  • Ada jaminan hak asasi manusia atau HAM 
  • Kesamaan didepan hukum 
  • Konstitusi membatasi kekuasaan pemerintah 
  • Ada kebebasan pers. 
  • Kebebasan memberi pendapat serta berserikat 
  • Pemilu yang jurdil (jujur, adil serta bebas) sesuai sama masukan rakyat. 
  • Peradilan yang adil serta jujur dan tak memihak. 


Sekianlah info mengenai pengertian demokrasi menurut beberapa pakar | Semoga info mengenai pengertian demokrasi menurut beberapa pakar bisa memberi faedah dalam memberi wawasan mengenai pengertian demokrasi menurut beberapa pakar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Demokrasi Menurut Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel