15 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

15 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
15 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Manusia mulai sejak lahir ke dunia telah memperoleh pendidikan sampai ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan telah tak asing lagi ditelinga, lantaran semuanya manusia yang hidup tentu memerlukan pendidikan, supaya maksud hidupnya terwujud serta bisa menyingkirkan kebodohan. Menurut KBBI kata pendidikan dengan cara datang dari kata “didik” dengan memperoleh imbuhan “pe” serta akhiran “an”, yang bermakna langkah, sistem atau perbuatan mendidik.

Kata pendidikan dengan cara bhs datang dari kata “pedagogi” yaitu “paid” yang bermakna anak serta “agogos” yang bermakna menuntun, jadi pedagogi yaitu pengetahuan dalam menuntun anak. Sedang dengan cara arti pengertian pendidikan adalah satu sistem pengubahan sikap serta perilaku seorang atau grup dalam usaha mendewasakan manusia atau peserta didik lewat usaha pengajaran serta kursus.

Pengertian Pendidikan Menurut Beberapa Ahli

Mengenai pengertian-pengertian atau pengertian pendidikan menurut ahli di bagiannya diantaranya :

1. Prof. H. Mahmud Yunus : Yang disebut pendidikan adalah satu usaha yang dengan berniat diambil untuk memengaruhi serta menolong anak yang mempunyai tujuan untuk tingkatkan ilmu dan pengetahuan, jasmani serta akhlak hingga dengan cara perlahan-lahan dapat mengantarkan anak pada maksud serta cita-citanya yang tertinggi. Supaya peroleh kehidupan yang bahagia serta apa yang dikerjakanya bisa berguna untuk dianya, orang-orang, bangsa, negara serta agamanya.

2. Prof. Dr. John Dewey : Menurut dia pendidikan adalah satu sistem pengalaman. Lantaran kehidupan adalah perkembangan, jadi pendidikan bermakna menolong perkembangan batin manusia tanpa ada dibatasi oleh umur. Sistem perkembangan yaitu sistem penyesuaian pada tiap-tiap fase serta memberi kecakapan dalam perubahan seorang lewat pendidikan.

3. M. J. Langeveld : Pendidikan adalah usaha dalam menuntun manusia yang belum dewasa kearah kedewasaan. Pendidikan yaitu satu usaha dalam membantu anak untuk lakukan beberapa pekerjaan hidupnya, supaya mandiri serta bertanggungjawab dengan cara susila. Pendidikan juga disimpulkan sebagai usaha untuk meraih pemilihan diri serta tanggung jawab.

4. Prof. Herman H. Horn : Beliau memiliki pendapat kalau pendidikan yaitu satu sistem dari penyesuaian lebih tinggi untuk makhluk yang sudah berkembang dengan cara fisik serta mental yang bebas serta sadar pada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitaran, intelektual, emosional serta tekad dari manusia.

5. Driyarkara : Pendidikan disimpulkan sebagai satu usaha dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke skala yang insani.

6. Kamus Besar Bhs Indonesia (KBBI) : Pendidikan yakni satu sistem evaluasi untuk tiap-tiap individu untuk meraih pengetahuan serta pemahaman yang lebih tinggi tentang object spesifik serta khusus. Pengetahuan yang didapat dengan cara resmi itu menyebabkan pada tiap-tiap individu yakni mempunyai pola fikir, tingkah laku serta akhlak yang sesuai sama pendidikan yang diperolehnya.

7. Ki Hajar Dewantara : Menurut dia pendidikan yaitu satu tuntutan didalam hidup tumbuhnya anak-anak. Tujuannya adalah kalau pendidikan membimbing semua kemampuan kodrat yang ada pada peserta didik supaya sebagai manusia serta anggota orang-orang bisa meraih keselamatan serta kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.

8. Stella van Petten Henderson : Pendidikan yakni satu kombinasai dari perkembangan serta perubahan insani dengan warisan sosial.

9. Kohnstamm serta Gunning : Pendidikan adalah satu pembentukan hati nurani manusia, yaitu pendidikan adalah satu sistem pembentukan serta pemilihan diri dengan cara etis yang sesuai sama hati nurani.

10. Horne : Menyebutkan kalau pendidikan yaitu sistem yang dikerjakan dengan cara terus-terusan dari penyesuaian yang lebih tinggi untuk manusia yang sudah berkembang dengan cara fisik serta mentalnya.

11. Frederick J. Mc Donald : menyampaikan gagasannya kalau pendidikan adalah satu sistem yang arah maksudnya yaitu mengubah perilaku manusia atau peserta didik.

12. Ahmad D. Marimba : Menyampaikan kalau pendidikan adalah satu sistem tuntunan yang dikerjakan dengan cara sadar oleh pendidik pada satu sistem perubahan jasmani serta rohani peserta didik, yang maksudnya supaya kepribadian peserta didik terbetuk dengan begitu unggul. Kepribadian yang disebut ini berarti cukup dalam yakni pribadi yg tidak cuma pandai, pintar dengan cara akademis saja, walau demikian baik juga dengan cara ciri-ciri.

13. Carter V. Good : Mengartikan pendidikan sebagai satu sistem perubahan kecakapan seorang berbentuk sikap serta perilaku yang berlaku dalam orang-orang. Sistem di mana seorang di pengaruhi oleh lingkungan yang terpimpin terutama di dalam lingkungan sekolah hingga bisa meraih kecakapan sosial serta bisa meningkatkan kepribadiannya.

14. Ensiklopedi Pendidikan Indonesia : Menerangkan tentang pendidikan, yakni sebagai sistem menuntun manusia atau anak didik dari kegelapan, ketidaktahuan, kebodohan, serta kecerdasan pengetahuan.

15. UU SISDIKNAS No. 20 th. 2003 : Pendidikan adalah satu usaha yang dikerjakan dengan cara sadar serta terencana untuk wujudkan situasi serta sistem evaluasi supaya peserta didik dengan cara aktif dapat meningkatkan potensi yang ada di dalam dianya untuk mempunyai kemampuan spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, ingindalian diri, berakhlak mulia, kecerdasan, serta ketrampilan yang dibutuhkan oleh dianya serta orang-orang.

Dari sebagian pengertian itu mengenai pengertian pendidikan, jadi bisa diambil kesimpulan kalau pendidikan adalah tuntunan yang didapatkan pada anak dalam saat perkembangan serta perubahannya untuk meraih tingkat kedewasaan serta bertjuan untuk memberi ilmu dan pengetahuan, membuat ciri-ciri diri, serta mengarahkan anak untuk jadi pribadi yang tambah baik. Pendidikan dapat juga disimpulkan sebagai usaha sadar yang mempunyai tujuan untuk mempersiapkan peserta didik dalam belajar lewat satu aktivitas pengajaran, tuntunan serta latihan untuk peranannya dimasa mendatang.

Sekian sedikit penjelasan tentang 15 Pengertian Pendidikan Menurut Beberapa Pakar, mudah-mudahan bisa menolong serta berguna untuk beberapa pembaca, terimakasih
Advertisement