Pengertian Bank

Pengertian Bank
Pengertian Bank

Pengertian Bank 


Bank berasal dari bahasa Italia yaitu “Banca” yang berarti tempat pertukaran uang. Pengertian bank berdasarkan UU Negara Republik Indonesia No. 10/1998 pasal 1 huruf dua yang mengatur tentang perbankan menjelaskan bahwa pengertian bank yaitu :

 " Badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit serta atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak ".

Dari pengertian bank menurut Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 dapat disimpulkan bahwa usaha perbankan mencakup tiga aktivitas, yaitu menghimpun dana, menyalurkan dana, serta memberikan layanan bank lainnya. Aktivitas menghimpun dan menyalurkan dana adalah aktivitas pokok bank sedangkan memberi layanan bank lainnya hanya aktivitas pendukung.

Aktivitas menghimpun dana, berupa menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan giro, tabungan, dan deposito. Umumnya sambil diberikan layanan yang menarik seperti, bunga dan hadiah sebagai rangsangan untuk masyarakat agar lebih senang menabung. Aktivitas menyalurkan dana, berbentuk pemberian pinjaman kepada masyarakat. Sedangkan beberapa layanan perbankan lainnya diberikan untuk mendukung kelancaran aktivitas utama itu.

Setelah tahu pengertian Bank dari asal katanya juga menurut Undang-Undang Pemerintah, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Bank secara Umum yaitu satu lembaga intermediasi keuangan yang umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang di kenal sebagai banknote.

Fungsi Bank 


Secara umum fungsi bank yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat untuk berbagai tujuan atau sebagai financial intermediary. Secara lebih khusus bank dapat berfungsi sebagai berikut :

Agent of trust Yaitu lembaga yang landasannya kepercayaan. Dasar paling utama aktivitas perbankan yaitu kepercayaaan (trust), baik dalam penghimpunan dana maupun dalam penyaluran dana. Masyarakat akan ingin menitipkan dananya di bank apabila dilandasi dengan kepercayaan.
Agent of development Yakni lembaga yang memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi.

Aktivitas perekonomian masyarakat di sector moneter serta sector riil tidak dapat dipisahkan. Ke dua sector itu selalu berhubungan dan saling mempengaruhi. Sector riil tidak akan dapat berkinerja dengan baik apabila sector moneter tidak berkinerja dengan baik.

Aktivitas bank itu memungkinkan masyarakat melakukan aktivitas investasi, aktivitas distribusi, dan aktivitas konsumsi barang dan layanan, mengingat bahwa aktivitas investasi-distribusi-konsumsi ini tidak bisa dilepaskan dari adanya penggunaan uang. Kelancaran aktivitas investasi-distribusi-konsumsi ini tidak lain yaitu aktivitas pembangunan perekonomian.

Agent of servies Yakni lembaga yang memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi. Disamping melakukan aktivitas penghimpunan dana dan penyaluran dana, bank juga memberikan penawaran layanan perbankan yang lain kepada masyarakat.

Layanan yang di tawarkan bank ini erat kaitannya dengan aktivitas perekonomian masyarakat secara umum. Layanan ini diantaranya bisa berbentuk layanan pengiriman uang, penitipan barang bernilai, dan penyelesaian tagihan.
Advertisement