Pengertian Ekonomi

Pengertian Ekonomi
Pengertian Ekonomi

Pengertian Ekonomi 



Istilah dalam Pengertian Ekonomi, menurut bahasa berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikos berarti keluarga atau rumah tangga sedangkan Nomos berarti peraturan atau ketentuan. Dan menurut istilah yaitu manajemen rumah tangga atau peraturan rumah tangga. Pengertian Ekonomi yaitu satu diantara bagian ilmu sosial yang membahas dan mempelajari mengenai aktivitas manusia berkaitan langsung dengan distribusi, konsumsi dan produksi pada barang serta jasa.

Pada dasarnya, masalah ekonomi yang selalu dihadapi oleh manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yaitu jumlah kebutuhan manusia tidak terbatas sedangkan jumlah alat pemuas kebutuhan manusia terbatas. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah kebutuhan seorang berbeda dengan jumlah kebutuhan orang lain, yaitu antara lain :


  • Aspek fisik 
  • Aspek moral 
  • Aspek pendidikan 
  • Aspek ekonomi 
  • Aspek sosial budaya 


Apabila membahas tentang Pengertian Ekonomi, dengan cara otomatis akan membicarakan tentang ilmu ekonomi di mana ilmu ekonomi adalah satu ilmu kajian yang membahas dan mempelajari tentang ekonomi tersebut. Secara umum, ilmu ekonomi dibagi menjadi dua yaitu ilmu ekonomi makro serta ilmu ekonomi mikro. Metodelogi dalam Pengertian Ekonomi menggunakan metode kuantitatif yakni ada pergerakan uang atau uang digunakann sebagai alat tukar-menukar dalam masyarakat. Ekonomi mengkombinasi ilmu statistik, ilmu matematika serta teori ekonomi.

Dalam kehidupan sehari-hari, ekonomi sangat diperlukan dalam memenuhi keperluan, oleh karena itu ekonomi adalah satu diantara ilmu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain itu, ekonomi sebagai alat untuk mengukur tingkat kemajuan dalam satu negara, apakah kondisi ekonomi yang baik atau makin memburuk.

Secara umum, dapat dikatakan bahwa Pengertian Ekonomi yaitu satu bagian kajian ilmu yang berhubungan tentang pengurusan sumber daya material individu, masyarakat, dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia. Oleh karena itu, ekonomi adalah satu diantara ilmu yang berkaitan tentang tindakan serta tingkah laku manusia dalam memenuhi keperluan hidupnya yang berkembang dengan sumber daya yang ada melalui aktivitas mengkonsumsi, produksi serta distribusi.


Pengertian Ekonomi menurut beberapa ahli, yaitu sebagai berikut : 



  • J. S, ekonomi yaitu satu diantara sains praktikal mengenai penagihan serta pengeluaran. 
  • Adam Smith  ekonomi yaitu penyelidikan yang terkait mengenai kondisi serta sebab adanya kekayaan negara. 
  • Abraham Maslow ekonomi yaitu satu diantara bagian kajian yang mencoba menyelesaikan permasalahan kepentingan azas manusia melalui penggemblengan semua sumber ekonomi yang ada dengan berdasar pada prinsip serta teori dalam satu sistem ekonomi yang dianggap efektif serta efisien. 
  • Hermawan Kartajaya ekonomi yaitu basis yang di mana bidang industri melekat diatasnya. 
  • Paul A. Samuelson ekonomi yaitu cara yang dilakukan manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi serta mendistribusikan oleh masyarakat untuk dikonsumsi
Advertisement