Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi menurut para ahli 


Dalam kehidupan kita sehari-hari,  komunikasi seringkali di lakukan karena komunikasi adalah kebutuhan yang begitu mendasar untuk setiap manusia. Ada 2 jenis komunikasi yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal, komunikasi verbal yaitu penyampaian pesan atau info lewat bahasa atau lisan kepada orang lain, sedangkan komunikasi nonverbal yaitu penyampaian pesan atau informasi melalui isyarat atau ekspresi tubuh.

Komunikasi berasal dari bahasa inggris yang mempunyai asal usul kata dari bahasa latin yaitu communis artinya punya bersama-sama atau membagi yang disebut satu sistem untuk bangun kebersamaan serta pengertian. Lalu dengan cara terminologi, komunikasi yaitu sistem penyampaian satu pernyataan oleh satu pihak pada pihak yang lain atau banyak pihak agar dapat tersambung dengan lingkungan yang ada di sekelilingnya.

Dengan cara mendasar, untuk membuat paham seorang jadi dibutuhkan komunikasi verbal dikarenakan komunikasi dapat berlangsung bila ada persamaan pada si pemberi pesan dengan si penerima pesan. Meskipun demikian, ternyata kita masih berkomunikasi antara kedua belah pihak dengan memakai bahasa badan, semisal mengangguk-angguk, menggeleng-geleng serta tersenyum.

Dalam mendefinisikan komunikasi, sangat banyak ahli yang mencoba mengartikan komunikasi, berikut informasi mengenai pengertian komunikasi menurut para ahli :


Pengertian Komunikasi menurut para ahli 


Pengertian komunikasi menurut William J. Seller yaitu satu sistem di mana lambang nonverbal serta verbal di terima serta di beri arti.

Pengertian komunikasi menurut Raymond Ross yaitu satu sistem yang menyortir, memilik dan simbol simbol yang sedemikian rupa sehingga bisa menolong pendengar dalam menghidupkan daya respon atau pemaknaan dari sebuah pemikiran yang sesuai dengan yang disebut oleh komunikator.

Pengertian komunikasi menurut Carl I. Hovland yaitu satu sistem yang mungkin saja seorang bisa mengemukakan rangsangan atau mungkin dengan simbol verbal yang mempunyai tujuan untuk merubah pola perilaku orang lain.

Pengertian komunikasi menurut Onong Uchjana Effendy yaitu satu sistem dalam mengemukakan pesan dari seorang pada orang lain dengan mempunyai tujuan untuk memberi tahu, mengeluarkan pendapat, merubah pola sikap atau tingkah laku baik langsung ataupun tak langsung.

Pengertian komunikasi menurut Colin Cherry yaitu satu sistem yang pihak-pihak sama-sama menggunakan informasi dalam mencapai maksud dengan cara bersama serta mengaitkan hubungan antar penerus rangsangan serta pembangkitan balasannnya.

Pengertian komunikasi menurut Forsdale yaitu satu sistem yang dalam system terbentuk serta dipelihara dan dirubah dengan mempunyai tujuan supaya beberapa tanda yang dikirimkan serta bisa di terima dengan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang sudah diputuskan.

Pengertian komunikasi menurut Everett M. Rogers yaitu satu sistem di mana inspirasi diarahkan dari satu sumber ke penerima yang lain dengan maksud untuk merubah pola tingkah laku mereka.

Pengertian komunikasi menurut Ruben dan Steward yaitu satu sistem mengaitkan individu yang satu dengan individu yang lain dalam satu komunitas, grup, organisasi serta orang-orang yang membuat serta merespon pesan dengan maksud menyesuaikan dengan lingkungan yang satu dengan yang lain.

Pengertian komunikasi menurut Deddy Mulyana terdiri atas tiga konsep aktual yakni komunikasi sebagai interaksi,dan komunikasi sebagai aksi satu arah.

Pengertian komunikasi menurut William I.bisa digolongkan jadi empat yakni komunikasi instrumental, komunikasi ritual, komunikasi sosial, dan komunikasi ekspresif.

Pengertian komunikasi menurut Ruben serta Steward dalam pengetahuan komunikasi yaitu komunikasi adalah satu aktivitas kompleks, komunikasi adalah satu bagian yang popular, komunikasi adalah hal yang vital untuk satu kedudukan atau posis yang efisien, komunikasi adalah suatu hal yang mendasar dalam kehidupan serta komunikasi adalah satu pendidik yang tinggi serta tak jadi kompetensi komunikasi yang baik.


Manusia adalah makhluk sosial, sehingga komunikasi begitu diperlukan untuk menolong manusia dalam melakukan hubungan dengan yang lain, dikarenakan pastinya disetiap kesempatan ternyata kita begitu memerlukan komunikasi untuk membentuk kita dalam mengerti orang lain seperti apa keperluan serta hasrat orang lain lantas dipakai untuk kebutuhan bersama.

Beberapa besar orang sudah menjadikan komunikasi sebagai alat untuk dapat melihat serta bisa mengerti orang lain secara detail untuk menghindari komunikasi yang tidak efisien di mana berlangsung saat ada ketidaksesuaian dengan apa yang dikehendaki dengan apa yang selanjutnya berjalan hingga akan menyebabkan hilang arah atau salah arah. Terlebih bila kita ada dalam satu lingkungan atau organisasi yang didalamnya ada beragam jenis individu dengan ciri-ciri atau karakter yang tidak sama juga dan tingkat pendidikan serta pemahaman yang juga beda. Oleh karenanya, kekuatan dalam komunikasi jadi hal yang utama untuk dapat bekerja dengan orang lain.

Komunikasi efisien dapat terjalin dengan cara baik bila ke dua belah pihak telah sama-sama mengakui keunggulan serta kekurangan orang lain dan bisa mengerti kekurangan yang ada pada diri orang lain. Oleh karenanya, tiap-tiap kendala dapat terselesaikan dengan baik, semua jenis ego yang ada pada diri kita dapat dihilang sehingga akan ketinggalan hanya kemauan agar bisa sama-sama mengerti pada keduanya dengan cara seutuhnyamenginginkan adanya pamrih. Setelah itu akan terlihat rasa percaya antar individu dalam satu keadaan yang terwujud dengan baik hingga setiap kendala atau tantangan dapat diatasi serta bisa bekerja sama dengan baik. Sebab setiap individu mempunyai semangat yang sama untuk membangun serta menolong yang lain. Dengan komunikasi efisien maka hubungan antar individu bisa berkembang jadi interaksi yang begitu berguna untuk sendiri ataupun orang lain bisa sama-sama menguntungkan pada sesama individu.

Dalam komunikasi terdapat 5 tingkatan komunikasi yakni seperti berikut : 


1. Komunikasi massa dapat disimpulkan sebagai satu tipe komunikasi yang ditujukan pada ruang lingkungan hidup yang lebih luas dari beberapa jenis komunikasi yang ada terlebih dulu serta dikerjakan lewat satu penghubung yakni media cetak ataupun media elektronik sehingga pesan yang sama dapat di terima dengan cepat serta serentak.

2. Komunikasi organisasi dapat dimakna sebagai type komunikasi dikerjakan untuk mempunyai ruangan lingkup yang lebih luas. Komunikasi bisa berlangsung dalam penerimaan serta pengirim beragam infoorganisasi dalam satu grup informal ataupun resmi dari satu organisasi dengan jumlah anggota relatif sedikit. type komunikasi ini bisa dikerjakan dengan kian lebih 2 orang namun memiliki ruangan lingkungan hidup yang kecil, di mana tiap-tiap individu mempunyai pandangan dari setiap info yang di sampaikan.

4. Komunikasi antarpribadi dapat dimaknai sebagai tipe komunikasi yang dikerjakan oleh seseorang dengan yang lain dengan cara personal. Tipe komunikasi antarpribadi ini bisa dikerjakan lewat cara bertatap muka dua orang tetapi umumnya tak dikerjakan dengan cara tatap muka.

5. Komunikasi intrapribadi yakni satu tipe komunikasi yang berlangsung dalam diri seorang seperti sistem dalam memproses informasi lewat sistem sara serta pancaindra manusia. Type komunikasi ini bisa dikerjakan pada satu orang saja, semisal berkomunikasi dengan sendiri atau sedang mengkhayal.
Advertisement