Pengertian Koperasi

Pengertian Koperasi
Pengertian Koperasi

Pengertian koperasi



Koperasi adalah suatu tubuh usaha yang berbadan hukum dan berlandaskan berdasarkan azas kekeluargaan serta azas demokrasi ekonomi dan terdiri dari beberapa anggota didalamnya. Koperasi adalah salah satu aktivitas organisasi ekonomi yang bekerja dalam sektor gerakan potensi sumber daya yang mempunyai tujuan untuk mensejahterakan anggotanya.

Sumber daya ekonomi yang ada dalam koperasi terbatas sehingga lebih mengutamakan kesejahteraan dan kemajuan anggotanya terlebih dahulu. Agar suatu koperasi bisa berjalan lancar, koperasi harus bisa bekerja secara efektif dan mengikuti prinsip serta kaidah ekonomi yang ada.



Pengertian koperasi menurut undang – undang tahun 1967 yaitu sistem organisasi ekonomi pada rakyat yang mempunyai karakter sosial, mempunyai sebagian anggota serta berbadan hukum. Koperasi yaitu suatu susunan pada ekonomi sebagai salah satu bentuk usaha bersama berdasarkan pada azas kekeluargaan.

Koperasi bukan hanya sebuah perkumpulan modal akan tetapi perkumpulan dari orang –orang yang akan menjadi anggota koperasi. Sistem kerjasama yang ada dalam koperasi berdasarkan pada sebuah rasa persamaan suatu derajat, tidak membeda- bedakan antara anggota yang satu dengan anggota yang lain.

Kerja koperasi juga didasari atas adanya rasa kesadaran yamg dimiliki oleh semua anggotanya. Koperasi dijadikan sebagai salah satu wadah sosial dan wadah demokrasi ekonomi. Sistem kerja yang terjadi di dalam sebuah koperasi sesuai dengan kemauan anggotanya yang dihasilkan lewat sistem mufakat yang sudah di setujui oleh seluruh anggota koperasi.




Pengertian koperasi tersebut yaitu suatu usaha yang berbadan hukum yang mempunyai beberapa anggota dan mempunyai tujuan untuk mensejaterakan anggotanya. Koperasi dijadikan sebagai salah satu badan usaha berbadan hukum, yang dapat melakukan suatu aktivitas usaha sendiri. Akan tetapi dapat juga melakukan kerjasama dengan badan yang lain, karena tidak menutup kemungkinan juga jika suatu koperasi melakukan kerjasama dengan badan usaha yang lainnya seperti bekerjasama dengan badan usaha swasta atau bisa juga bekerja bersama dengan badan usaha milik Negara.

Jika ditinjau lebih dalam ada beberapa ketidaksamaan antara koperasi dengan badan usaha yang lainnya. Dilihat dari segi pengertian koperasi dan pengertian badan usaha yang lain saja sudah berbeda. Selain itu ada juga beberapa hal yang bisa membedakan antara koperasi dengan badan usaha yang lainnya. Ketidaksamaan itu yaitu :

  • Dari segi organisasi, koperasi mempunyai ketidaksamaan dengan badan usaha lain. Kemampuan paling tinggi di dalam koperasi ada di tangan anggotanya, koperasi juga tidak membeda-bedakan kepentingan anggotanya, dan pada badan usaha lain, anggotanya dibatasi pada orang- orang yang memiliki modal saja, di dalam proses aktivitas kekuasaan paling tinggi ada ditangan pemilik modal paling besar.
  • Dari segi tujuan usaha koperasi juga berbeda dengan badan usaha lain. Koperasi mempunyai tujuan untuk mensejahterakan seluruh anggotanya dan melayani anggota secara adil, tidak membeda- bedakan antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya. Jika pada badan usaha yang lain tujuannya yaitu untuk memperoleh suatu keuntungan.
  • Dilihat dari segi sikap hubungan usaha koperasi juga berbeda dengan badan yang lain. Koperasi selalu melakukan kerjasama dengan koperasi yang lain, jika badan usaha lain tidak bekerja bersama melainkan melakukan adanya persaingan.
  • Dari segi pengolahan usaha juga koperasi berbeda dengan badan usaha lain, jika pada koperasi pengolahan usahanya dilakukan secara fer atau terbuka pada semuanya anggotanya, jika pada badan usaha pengolahan usahanya cenderung lebih tertutup
Advertisement