Pengertian Norma

Pengertian Norma
Pengertian Norma

Pengertian Norma 

Kata norma berasal dari bahasa Belanda norm, yang bermakna pokok kaidah, patokan, atau pedoman. Dalam Kamus Hukum Umum, kata norma atau norm diberikan pengertian sebagai kaidah sebagai saran, dasar untuk seorang untuk berbuat atau tidak berbuat, dan bertingkah laku dalam lingkungan masyarakatnya, contohnya norma kesopanan, norma agama, dan norma hukum. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa istilah norma berasal dari bahasa latin, mos yang merupakan bentuk jamak dari mores, artinya adalah kebiasaan, tata tingkah laku, atau ada istiadat. 

Norma adalah bentuk fakta dari nilai-nilai sosial didalam masyarakat yang berbudaya, memiliki sebagian aturan, dan beberapa aturan, baik yang tercatat maupun tidak. Norma-norma ini mengatur kehidupan manusia dalam bermasyarakat.  Didalam norma terkandung sebagian aturan dan pentunjuk kehidupan mengenai benar dan salah, baik atau buruk, pantas atau tidak pantas, yang harus ditaati oleh warga masyarakat. Seandainya norma itu dilanggar, si pelanggar akan terkena sanksi. Norma memiliki kemampuan yang mengingat dan memaksa pihak lain untuk mematuhi aturan yang berlaku. Jadi, secara simpel pengertian norma adalah aturan yang mengandung sanksi. Terbentuknya norma didasari oleh kebutuhan untuk terciptanya hubungan yang harmonis, selaras, dan serasi diantara warga masyarakat. 

Norma adalah acuan tingkah laku dalam suatu kelompok tertentu. Norma memungkinkan seseorang untuk menentukan terlebih dahulu bagaimana tindakan itu akan dinilai oleh orang lain. Norma juga merupakan kriteria bagi orang lain untuk mendukung atau menolak perilaku seseorang. 
Norma Menurut Soerjono Soekanto

Norma adalah seperangkat aturan agar hubungan di dalam suatu masyarakat terlaksana sebagaimana yang diharapkan. Norma-norma mengalami proses pelembagaan. Adapun yang dimaksud pelembagaan adalah suatu proses yang dilewati oleh suatu norma kemasyarakatan yang baru untuk menjadi bagian dari salah satu lembaga masyarakat sehingga norma tersebut dikenal, diakui, dihargai, dan kemudian ditaati dalam kehidupan sehari-hari.
Norma Menurut Bellebaum

Norma adalah alat untuk mengatur orang bertingkah laku dalam suatu komunitas berdasarkan keyakinan dan sikap-sikap tertentu. Norma hanya berlaku dalam suatu kelompok sosial yang merangkum berbagai manusia yang mempunyai sekurang-kurangnya satu cir khas dalam hidup dan kelakuan mereka yang dengan secara teratur membuat sesuatu bersama-sama, dan yang telah mengembangkan semacam perasaan persaudaraan. Jadi, norma itu menyangkut kerja sama dalam kelompok atau mengatur tindakan tiap-tiap anggota untuk mencapai dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang diyakini bersama.
Advertisement