Pengertian Sistem

Pengertian Sistem
Pengertian Sistem

Pengertian Sistem




1. Pengertian sistem menurut Pamudji yaitu suatu keseluruhnya dan kebulatan yang kompleks atau tersusun rapi di mana satu kombinasi atau himpunan beberapa hal atau beberapa sisi yang membentuk suatu keseluruhnya yang utuh atau kompleks.

2. Pengertian sistem menurut Prajudi yaitu suatu jaringan yang mempunyai prosedur-prosedur yang berkaitan pada yang satu dengan yang lain sesuai dengan pola atau skema yang bulat bertujuan untuk menggerakkan suatu manfaat yang paling utama dari suatu masalah atau usaha.

3. Pengertian sistem menurut Poerwdarminta yaitu sekumpulan beberapa sisi yang bekerja secara bersama agar bisa jalankan sesuatu maksud. Bila satu diantara bagiannya yang rusak atau tidak bisa menggerakkan pekerjaan jadi maksud akan tidak terwujud atau tidak tercukupi atau sistem yang terwujud bakal memperoleh satu masalah.

4. Pengertian sistem menurut musanef yaitu satu fasilitas yang menguasai pekerjaan serta kondisi agar bisa menggerakkan pekerjaan dengan teratur.

5. Pengertian sistem menurut L. James Havery yaitu suatu prosedur rasional dan logis yang bermanfaat membuat atau melakukan suatu rangkaian komponen yang mempunyai keterhubungan antara yang satu dengan yang lain.

6. Pengertian sistem menurut kamus besar bahasa indonesia yaitu satu piranti unsur yang teratur dengan saling terkait hingga bisa membuat satu totalitas pernafasan, peredaran darah di badan serta pencernaan makanan. 2, susunan yang teratur dari pandangan, azas, teori. Semisal sistem pemerintahan negara (totaliter, demokrasi dan parlementer dan sebagainya). 3, Sistem. Semisal pendidikan (individual, klasikal dan sebagainya).

7. Pengertian sistem menurut Gordon B. Davis yaitu satu susunan yang terbagi dalam bebrapa sisi yang mempunyai keterikatan yang jalan berbarengan supaya tujuan serta maksud bisa terwujud.

8. Pengertian sistem menurut Salisbury yaitu komponen-komponen atau sekumpulan sisi yang sama-sama bekerja bersama sebagai satu kesatuan manfaat.



9. Pengertian sistem menurut John Mc Manama yaitu satu susunan rancanganyang dengan teratur dari beberapa fungsi yang mempunyai keterhubungan yang bekerja sebagai kesatuan yang organik untuk meraih hasil yang dikehendaki efektif serta efisien.

10. Pengertian sistem menurut Ludwig Von Bartalanfy yaitu seperangkat komponen yang saling terkait dalam satu antar relasi di antara komponen-komponen dengan lingkungan.

11. Pengertian sistem menurut Indrajid yaitu komponen-komponen atau beberapa himpunan yang mempunyai keterhubungan pada yang satu dengan yang lain.

12. Pengertian sistem menurut C. W. Churchman yaitu seperangkat beberapa sisi yang dikoordinasikan dengan cara serasi dan sesuai untuk mencapai tujuan.

13. Pengertian sistem menurut Andri Kristanto yaitu satu jringan kerja pada prosedur-prosedur yang mempunyai keterhubungan serta berkumpul dengan cara bersama supaya bisa melakukan satu aktivitas serta menyelesaikan tujuan tertentu.

14. Pengertian sistem menurut Webster’s Unabridged yaitu komponen-komponen yang mempunyai keterhubungan dalam membuat organisasi atau kesatuan.

15. Pengertian sistem menurut Pilecki yaitu sekumpulan objek dengan menghubungkan objek itu dengan atributnya atau dengan kata lain, sistem adalah satu kesatuan yang terdiri atas beberapa bagian, atribut dari sisi serta keterhubungan pada sisi dengan atribut.

16. Pengertian sistem menurut J. C. Hinggins yaitu seperangkat bebrapa sisi atau komponen-komponen yang saling berhubungan.


17. Pengertian sistem menurut Anatol Raporot yaitu sekumpulan kesatuan serta perangkat yang mempunyai hubungan antara yang satu dengan yang lainnya.

18. Pengertian sistem menurut Robert Allen serta Mark Victor Hansen yaitu satu prosedur terorganisir dan mapan yang bakal membuahkan hasil.

19. Pengertian sistem menurut O’Brien yaitu sekelompok bagian yang saling mempunyai keterhubungan dengan bekerja bersama supaya bisa meraih tujuan bersama dengan menerima input dan menghasilkan keluaran yang bertransformasi dengan teratur.

20. Pengertian sistem menurut Bertalanffy yaitu sekumpulan komponen yang berinteraksi antar satu dengan yang lain serta saling bekerja bersama untuk meraih tujuan yang sama.

21. Pengertian sistem menurut Djekky R. Djoht yaitu pengelompokkan atau agregasi objek-objek yang dikumpulkan oleh sebagian hubungan yang saling tergantung atau tetap, kelompok unit yang berbeda, yang digabungkan sedemikan rupa oleh alam atau oleh seni sehingga bisa membuat satu keseluruhan integral yang berfungsi, bergerak atau beroperasi dalam satu kesatuan atau kelompok.

22. Pengertian sistem menurut L. Ackof yaitu tiap-tiap kesatuan yang secar fisik atau rencanatual terbagi dalam komponen-komponen yang saling bergantung antara yang satu dengan yang lain.

23. Pengertian sistem menurut Jogianto yaitu beberapa kumpulan elemen-elemen yang sama-sama berhubungan untuk meraih satu maksud spesifik.

24. Pengertian sistem menurut Azhar susanto yaitu himpunan atau group dari subsistem atau komponen atau sisi, baik non fisik ataupun fisik yang sama-sama mempunyai keterhubungan pada yang satu dengan yang lain dan bekerja bersama secara harmonis untuk dapat meraih tujuan.

25. Pengertian sistem menurut Zulkufli A. M yaitu himpunan satu benda riil atau abstrak yang mencakup komponen-komponen atau bebrapa sisi yang sama-sama terkait, keterikatan, ketergantungan serta sama-sama memberi dukungan yang secara detail bersatu dalam satu kesatuan untuk meraih tujuan tertentu dengan cara efisien serta efektif.
Advertisement