Pengertian Sosiologi

Pengertian Sosiologi
Pengertian Sosiologi

Pengertian Sosiologi 


Arti sosiologi pertama kalinya dicetuskan oleh seorang filsuf asal Perancis bernama Auguste Comte dalam bukunya Cours de la Philosovie Positive. Orang yang di kenal dengan ayah sosilogi itu menyebutkan sosiolog yaitu ilmu dan pengetahuan mengenai orang-orang. Kata sosiologi sebenarnya datang dari bahasa Latin yakni 'socius' yang bermakna teman atau kawan dan 'logos' yang bermakna ilmu dan pengetahuan.

Disebutkan oleh Auguste Comte diatas yang menyebutkan sosiologi adalah ilmu dan pengetahuan. Sebuah pengetahuan dikatakan sebagai pengetahuan jikalau mengembangkan suatu kerangka pengetahuan yang tersusun serta teruji yang didasarkan pada penelitian yang ilmiah. Sosiologi dapat dikatakan sebagai pengetahuan sejauh sosiologi mendasarkan penelaahannya pada bukti-bukti ilmiah dan sebagian metode ilmiah.

Sosiologi yaitu ilmu dan pengetahuan yang mempelajari jaringan hubungan antara manusia dalam bermasyarakat. Sedangkan secara luas sosiologi adalah ilmu dan pengetahuan mengenai orang-orang di mana sosiologi mempelajari orang-orang sebagai kompleks kekuatan, hubugan, jaraingan iteraksi, dan sebagai kompleks lembaga/penata.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli 


Berikut di bawah ini adalah pengertian sosiologi menurut para ahli sosiologi,seperti berikut :

1. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi
Dalam bukunya berjudul Setangkai Bunga Sosiologi ; Sosiologi sebagai pengetahuan orang-orang mempelajari mengenai susunan sosial yaitu keseluruhan hubungan sosial antara unsur-unsur sosial yang pokok, seperti sebagian aturan sosial, ke-lompok-kelompok dan sebagian susunan sosial. Sosiologi juga mempelajari proses sosial yakni pengaruh timbal balik antara pel-bagai segi kehidupan bersama. Contoh hubungan timbal balik antara kehidupan agama dan kehidupan politik, hubungan timbalbalik antara kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi.

2. P. J. Bouman
Dalam bukunya Sociologie Begrien en Problemen, sosiologi yaitu ilmu dan pengetahuan yang mempelajari hubungan sosial antar sesama manusia (individu-individu), antar individu dengan kelompok, karakter serta sebagian perubahan, beberapa lembaga dan beberapa gagasan sosial.

3. Pitirim Sorokin
Sosiologi yaitu pengetahuan yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara beragam jenis tanda-tanda sosial (contohnya tanda-tanda ekonomi, tanda-tanda keluarga, serta tanda-tanda moral), sosiologi yaitu pengetahuan yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara tanda-tanda sosial dengan tanda-tanda non-sosial, dan yang paling akhir, sosiologi yaitu pengetahuan yang mempelajari tanda-tanda umum semuanya jenis gejala-gejala sosial lain.

4. Roucek dan Warren
Sosiologi yaitu pengetahuan yang mempelajari hubungan antara manusia dalam beberapa kelompok.

5. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf
Sosiologi yaitu studi dengan cara ilmiah terhadap hubungan sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

6. J. A. A Von Dorn dan C. J. Lammers
Sosiologi yaitu ilmu dan pengetahuan mengenai beberapa susunan dan sebagian proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

7. Max Weber
Sosiologi yaitu pengetahuan yang berusaha mengerti beberapa tindakan sosial.

8. Paul B. Horton
Sosiologi yaitu pengetahuan yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok itu.

9. Soejono Soekanto
Sosiologi yaitu pengetahuan yang memusatkan perhatian pada sebagian segi kemasyarakatan yang berbentuk umum serta berupaya untuk memperoleh pola-pola umum kehidupan orang-orang.

10. William Kornblum
Sosiologi yaitu suatu upaya ilmiah untuk mempelajari orang-orang dan tingkah laku sosial anggotanya serta menjadikan orang-orang yang berkaitan dalam berbagai kelompok serta kondisi.

11. Allan Jhonson
Sosiologi yaitu pengetahuan yang mempelajari kehidupan serta tingkah laku, terutama dalam hubungannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem itu memengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya memengaruhi sistem tersebut .
Advertisement