pengertian data

pengertian data
pengertian data

pengertian data


Arti data adalah suatu pemaparan peristiwa yang dialami secara langsung atau dapat dikatakan sebagai pencapaian suatu keputusan dari kesimpulan yang dihasilkan berdasar pada sebagian realita yang didapat. Pengertian Data yang lain dilihat dalam arti usaha yaitu suatu peristiwa baik yang berbentuk transaksi yang sudah dilakukan untuk diungkapkan atau tertuang dalam deskripsi suatu perusahaan/organisasi. Selain itu, Pengertian Data dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari suatu kejadian atau peristiwa terjadi secara riil didunia ini. Satu hal lagi mengenai Pengertian Data adalah info atau fakta yang memaparkan suatu peristiwa yang dikumpulkan dan disatukan untuk dipergunakan sebagai bahan informasi. 

Ada juga yang menyatakan bahwa Pengertian Data adalah suatu realita yang mentah dan belum terorganisir serta mengalami pengolahan. Dalam Pengertian Data tersebut sangat jelas bahwa realita tersebut berupa sesuatu yang hanya berdiri sendiri. Kemudian Pengertian Data yang lain yaitu kumpulan berupa suatu realita, gambar, simbol, angka, huruf, grafik, tabel dan kata-kata yang terdiri dari ungkapan sebuah pemikiran, situasi/keadaan dan sebagainya. Begitupula untuk Pengertian Data berikut ini yang menyatakan bahwa data yaitu hasil yang diperoleh dari sebuah pengamatan yang dikumpulkan dalam sebuah informasi baik berupa angka maupun simbol. 

Pengertian Data adalah sekumpulan informasi yang diperoleh dari hasil observasi yang berupa simbol, angka dan sifat. Data dapat memberikan deskripsi tentang suatu masalah atau keadaan. Data dapat diartikan sebagai kumpulan nilai yang diperoleh dari pengamatan suatu objek. Data yang baik yaitu data yang tepat waktu, dapat dipercaya kebenarannya dan meliputi ruangan lingkup yang luas atau dapat memberikan deskripsi tentang suatu masalah secara keseluruhan yang merupakan data yang relevan. Selain itu, Pengertian data yaitu angka- angka yang secara relatif tidak punyai makna untuk pemakai dan dikumpulkan dalam sebuah catatan. Data dapat didefinisikan secara singkat sebagai realita atau fakta yang menggambarkan tentang suatu kejadian. 

Data dapat dikatakan berwujud yaitu sebagai berikut : 

  • Catatan dari suatu kejadian 
  • Kumpulan realita yang didapat dari hasil riset (observasi) 
  • Kumpulan non random realita 
  • Kumpulan non random nilai, angka, simbol dan sebagainya 

Jenis-jenis data menurut cara memperolehnya, yaitu antara lain : 

  • Data primer adalah data yang secara langsung didapat sendiri oleh suatu organisasi atau perorangan dari objek studi dan untuk kepentingan studi yang berkaitan berupa observasi, wawancara. 
  • Data sekunder adalah data yang didapat tidak secara langsung dari objek penelitian. Data yang sudah jadi, dikumpulkan dan disatukan oleh pihak lain dengan berbagai langkah baik secara komersial maupun non komersial atau diterbitkan oleh berbagai instansi lain. Umumnya berupa data statistik hasil penelitian dari majalah/surat berita, dokumentasi dan arsip-arsip resmi. 


Jenis-jenis data menurut sifatnya, yaitu antara lain : 

  • Data kuantitatif adalah data yang di sajikan dalam bentuk angka-angka, contohnya : neraca keuangan, besarnya pendapatan, harga saham, jumlah pembeli pada saat perayaan hari besar dan lain sebagainya. 
  • Data kualitatif adalah data yang di uraikan dalam bentuk kata-kata yang mengandung arti dan tidak berbentuk angka, contohnya kuesioner pertanyaan tentang kualitas pelayanan suatu rumah sakit, tipe kepemimpinan, suasana kerja, persepsi pembeli terhadap botol air minum dalam kemasan dan lain sebagainya. 

Jenis-jenis data menurut sumbernya, yaitu antara lain : 

  • Data internal adalah data dari dalam organisasi yang menggambarkan keadaan dan kondisi pada suatu organisasi tersebut . Misalnya dalam suatu perusahaan mencakup jumlah modalnya/data keuangan, jumlah produksinya/data produksi, jumlah karyawannya/data pegawai dan lain-lain. 
  • Data eksternal adalah data dari luar organisasi yang dapat menggambarkan sebagian aspek yang mungkin berpengaruh terhadap hasil kerja suatu organisasi. Misalnya minat beli masyarakat mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan, tingkat preferensi pelanggan, persebaran masyarakat dan lain sebagainya. 

Jenis-jenis data menurut waktu pengumpulannya, yaitu antara lain : 

  • Data time series adalah data yang menunjukkan sesuatu dari waktu ke waktu/secara historis untuk mencermati perkembangan suatu kegiatan atau kejadian selama periode tersebut . Misalnya data perkembangan nilai ganti dollar, harga sembilan jenis bahan pokok penduduk, perkembangan uang beredar, jumlah pengikut jamaah nurdin m. top serta doktor azhari. 
  • Data cross section adalah data yang dikumpulkan pada suatu waktu/titik waktu tertentu untuk menggambarkan keadaan dan kegiatan pada waktu tersebut . Misalnya neraca keuangan, data penelitian berupa data pelanggan yang menggunakan kuesioner.
Advertisement