pengertian korupsi

pengertian korupsi
pengertian korupsi

Pengertian Korupsi 


Pengertian Korupsi adalah penyalahgunaan jabatan dan administrasi, ekonomi atau politik, baik yang disebabkan diri sendiri ataupun orang lain yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi, sehingga menimbulkan kerugian untuk masyarakat umum, perusahaan atau pribadi lainnya. 

Pengertian Korupsi Menurut Hukum - Sedangkan Menurut Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Pengertian Korupsi yaitu " setiap orang yang dikategorikan melawan hukum, melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri, menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan ataupun peluang atau fasilitas yang ada kepadanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara ". 

Beberapa Jenis Pengertian Korupsi MenurutPara Ahli - Dalam sebagian bidang tertentu korupsi dipandang dan disimpulkan berbeda-beda sesuai dengan pengemuka pribadi atau jabatan yang memberikan definisinya mengenai pengertian korupsi antara lain sebagai berikut.


  • Dalam Ilmu Politik, korupsi didefinisikan sebagai penyalahgunaan jabatan serta administrasi, ekonomi atau, politik, baik yang disebabkan oleh diri sendiri ataupun orang lain yang ditujukan untuk memperoleh keuntungan pribadi, sehingga menimbulkan kerugian untuk masyarakat umum, perusahaan atau pribadi lainnya. 


  • Menurut Brooks, pengertian korupsi adalah dengan sengaja melakukan kesalahan atau melalaikan tugas yang di ketahui sebagai kewajiban atau tanpa ada keuntungan yang sedikit banyak berbentuk pribadi. 


  • Para Ahli Ekonomi, menggunakan pengertian yang konkret yang mendefinisikan korupsi sebagai pertukaran yang menguntungkan (antara prestasi dan kontraprestasi, imbalan materi atau nonmateri), yang secara diam-diam serta sukarela, yang melanggar beberapa norma yang berlaku, dan setidaknya adalah penyalagunaan jabatan atau wewenang yang dimiliki salah satu pihak yang terlibat dalam bidang umum serta swasta. 


  • Menurut Haryatmoko, Pengertian korupsi yang diartikan secara sederhana yaitu dipahami sebagai usaha menggunakan kemampuan campur tangan karena posisinya untuk menyalahgunakan informasi, keputusan, pengaruh, uang atau kekayaan untuk kepentingan keuntungan dirinya. 


Dampak Korupsi - Korupsi mempunyai dampak yang dirasakan dan tidak dirasakan atau tidak terlihat namun kerugian yang ditimbulkan sangat besar baik itu untuk perekonomian, finansial, politik, serta sosial budaya. Macam-macam efek korupsi adalah sebagai berikut.


  • Kesenjangan dalam pendapatan semakin terus meningkat 
  • Kenaikan harga barang-barang akibat dari korupsi dalam dana APBN 
  • Jumlah rakyat miskin semakin bertambah akibat dari korupsi dalam bidang pembangunan pemerintah 
  • Banyak rakyat yang di PHK akibat perusahaan kecil korupsi dalam dana investasinya 


Bukan hanya itu dampak yang diakibatkan dari bebrapa perilaku tidak terpuji tersebut, korupsi sangat berbahaya dan mesti diberantas seluruh masyarakat indonesia dengan terlebih dahulu dengan pencegahan dan perlakuan dari mulai diri kita, tingkah laku kita, sikap serta karakter kita yang mungkin kita sering melakukan korupsi yang memang dampaknya tidak sebesar dengan korupsi-korupsi elite pemerintahan, namun itu menjadi suatu langkah-langkah yang ampuh dalam mengatasi dengan pencegahan korupsi yaitu di mulai dari diri kita sendiri. 
Advertisement