pengertian sepak bola

pengertian sepak bola
pengertian sepak bola

pengertian sepak bola 



Sepak Bola berasal dari dua kata yakni “Sepak” : dan “Bola”. Sepak atau meyepak bisa di artikan sebagai menendang (menggunakan kaki) sedangkan untuk “bola” yaitu alat permainan yang memiliki bentuk bulat yang terbuat dari bahan karet, kulit atau sejenisnya. Dalam permainan sepak bola, satu bola disepak/tendang oleh para pemain semakin kemari. Jadi secara singkat pengertian Sepak bola yaitu suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola semakin kemari yang dilakukan oleh pemaian, dengan sasaran gawang dan bertujuan memasukan bola ke gawang lawan. 

Sepak bola yaitu salah satu jenis permainan yang dimainkan dalam bentuk regu. Setiap regu memiliki 11 pemain di mana termasuk 1 orang yang melindungi gawang disebut penjaga gawang. Permainan ini sangat membutuhkan adanya keterampilan pada gerak kaki dan tungkai. Kemudian sedangkan untuk penjaga gawang ada pengecualian di mana penjaga gawang boleh menggunakan tangan sepanjang ada diarea gawangnya. Namun, apabila penjaga gawang keluar ruang gawangnya maka tidak boleh lagi memegang bola, apabila itu terjadi maka penjaga gawang tersebut akan mendapat pelanggaran. 

Permainan sepak bola ini memiliki tujuan untuk memasukkan bola kedalam gawang lawan dan harus berusaha supaya dapat menjaga gawang sendiri agar tidak terjadi gol digawang sendiri. Kemudian permainan sepak bola dilakukan dalam 2 babak, di mana pada setiap babak terdiri dari 45 menit. Waktu istirahat berada di antara dua babak yaitu selama 10 menit. Kemudian satu tim akan dinyatakan sebagai pemenang, apabila mampu mencetak gol ke gawang lawan dengan sebanyak mungkin.

Sepak bola

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia. Dalam pertandingan, olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing berjuang untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Masing-masing kelompok beranggotakan sebelas pemain, dan karenanya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan.

Menurut ketentuan permainan sepak bola FIFA, permainan sepak bola harusnya dilakukan di lapangan resmi yang mempunyai panjang pada 100 sampai 130 yard/sekitaran 90 – 120 Mtr.. Sedang Lebar lapangan pada 50 sampai 100 yard/45 – 90 mtr.. Ukuran lapangan sepak bola ini sudah sesuai dengan jumlah pemain yakni 11 orang tiap-tiap tim, serta permainan sepak bola dikerjakan oleh 2 tim.

Ukuran lingkaran tengah dengan jari-jari 9,15 m. Ukuran busur seperempat lingkaran di keempat pojok lapangan dengan jari-jari 1 m. Ukuran kotak penalti: 16,5 ´ 40,3 m2 . Titik pinalti berjarak 11 m dari mulut gawang. (instilah 12-pas berasal dari ukuran 12 yard). Ukuran gawang: panjang 7,32 m dan tinggi 2,44 m. Sementara untuk standar bola memiliki keliling bola 68 hingga 70 cm dengan berat 410 hingga 450 gram.
Advertisement