Metode-Metode Sosiologi

Metode-Metode Sosiologi
Metode-Metode Sosiologi
Metode-Metode Sosiologi. Metode Kualitatif, Metode Kuantitatif, Metode Statistik, Metode Eksperimen, Metode Induktif, Metode Deduktif, Metode Studi Kasus, Metode Survey Lapangan, Metode Partisipasi, dan Metode-Metode Sosiologi Lainnya.

Metode Sosiologi Secara Khusus 

Sumber: softilmu.com
Secara garis besar, Sosiologi membagi metode penelitiannya ke dalam 2 kelompok, yakni: 

Metode Kualitatif 

Sumber: eghtesadonline.com
Metode Kulitatif yaitu metode yang mengutamakan beragam macam yang sulit untuk diukur dengan angka, meskipun peristiwa itu secara nyata terjadi dalam masyarakat. Pengelompokkan sebuah hasil riset ke dalam Metode Kualitatif jika hasil itu tidak dapat di uraikan secara matematis

Metode Kuantitatif 

Sumber: penulispro.com
Metode Kuantitatif yaitu metode yang mengutamakan riset bersumber pada riset bersumber pada angka atau beberapa gejala yang bisa diukur dengan taraf matematis seperti tabel, grafik, serta uji statistik.

Pengukuran data secara matematis tidak mengharuskan peneliti sosiologi menguasai pengetahuan statistik yang tinggi, karena penilaian cuma memakai pengetahuan matematis sederhana seperti mencari rata-rata, melihat tabel, frekuensi, dan lain-lain, dan tema yang dibicarakan tetaplah mengenai masyarakat.

Dalam Sosiologi sebuah pengantar edisi kedua, Soerjono Soekanto, 1986 dapat dikatakan kalau sosiologi yaitu pengetahuan untuk mengungkap serta meninjau kenyataan sosial yang ada pada masyarakat. Sebagai ilmu dan pengetahuan, pastinya sosiologi memakai metode Ilmiah supaya hasil riset bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Nah berikut ini  yaitu metode-metode yang dipakai:

Metode Statistik 

Sumber: klagenfurt.at
Metode Statistik yaitu metode yang dipakai untuk memberikan hubungan atau dampak mutu, serta memperkecil prasangka pribadi dari sebuah pihak. Misalnya yaitu pemakaian tabel ketika melakukan penilaian supaya mendapatkan hasil secara kuantitatif.

Metode Eksperimen 

Sumber: dedenaldila.blogspot.co.id
Metode eksperimen yaitu metode yang dipakai untuk memperbandingkan hasil percobaan dari dua golongan. Satu golongan sebagai uji coba serta golongan kedua sebagai golongan kontrol.

Metode Induktif 

Metode Induktif yaitu metode yang dipakai dengan mempelajari sebuah hal yang spesial untuk mendapatkan hasil atau rangkuman yang lebih luas serta punya sifat umum.

Metode Deduktif 

Metode Deduktif yaitu metode yang dipakai untuk mempelajari sebuah hal yang punya sifat umum untuk mendapatkan sebuah hasil atau rangkuman yang lantas dipelajari pada kondisi lebih sempit atau lebih khusus.

Metode Studi Kasus 

Sumber: maribelajarbk.web.id
Metode Studi Kasus yaitu metode yang dipakai untuk mempelajari kebenaran peristiwa yang terjadi dengan melakukan penilaian pada sebuah kondisi, individu, serta beragam golongan. Alat-alat yang dipakai dalam studi kasus yaitu wawancara, pertanyaan-pertanyaan quesioner, serta teknik keterlibatan peneliti dalam sebuah permasalahan.

Metode Survey Lapangan 

Metode Survey Lapangan yaitu cara yang dipakai melalui langkah turun secara langsung ke dalam lingkungan masyarakat untuk mendapatkan data.

Metode Partisipasi 

Metode Pertisipasi yaitu metode yang dipakai untuk melakukan sebuah riset secara mendalam pada sebuah golongan spesifik. Supaya mendapatkan data dengan metode ini, Peneliti mesti berperan serta dalam kehidupan masyarakat/golongan yang dicermati.

Metode Empiris serta Rasionalistis 

  • Metode Empiris yaitu metode yang memakai kenyataan yang sudah terjadi dalam masyarakat untuk mendapatkan data. 
  • Metode Rasionalistis yaitu metode yang memakai akal sehat untuk menemukan serta meninjau beberapa masalah yang terkait dengan kemasyarakatan. 

Metode Fungsionalisme 

Sumber: blogpsikologi.blogspot.co.id
Metode Fungsionalisme yaitu metode yang dipakai untuk menilainya bagaimana fungsi sebuah instansi kemasyarakatan serta susunan sosial dalam masyarakat.

Metode Studi Pustaka 

Sumber: eurekapendidikan.com
Metode Studi Pustaka yaitu metode yang memakai beragam literatur serta buku untuk mendapatkan sebuah data. Metode ini tidak membutuhkan banyak biaya karena bisa memakai perpustakaan untuk mendapatkan banyak sumber. Tetapi peneliti mesti mempunyai kapabilitas untuk mencari buku-buku yang memanglah sesuai sama tema yang akan dibicarakan.

Dan itulah pembahasan kami mengenai Metode-Metode Sosiologi, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Postingan kali ini mengenai Metode-Metode Sosiologi di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari sumber pengetahuan untuk lebih memahami Segala Hal tentang Metode-Metode Sosiologi. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. softilmu.com
Advertisement