Pengertian, Rumus, dan Jenis Getaran

Pengertian, Rumus, dan Jenis Getaran
Pengertian, Rumus, dan Jenis Getaran
Pengertian, Rumus, dan Jenis Getaran. Pengertian Getaran, Rumus Getaran, dan Beragam Macam Jenis Getaran.

Pengertian Getaran

Sumber: faridhendrapradana.wordpress.com
Getaran adalah sebuah momen gerak bolak balik secara teratur sebuah benda lewat satu titik seimbang. Karena terjadi secara teratur, getaran kerap kali disebut juga dengan gerak periodik. Kuat atau lemahnya gerakan benda itu di pengaruhi oleh jumlah daya yang diberikan.

Makin besar daya yang diberikan makin kuat juga getaran yang terjadi. Satu Getaran sama juga dengan satu kali gerakan bolak balik penuh dari benda itu. Contoh sederhana getaran yakni gerakan pegas yang diberikan beban, contohnya pemakaian pegas untuk jadi ayunan anak.

Getaran Pada Bandul Sederhana 

Gambar di atas adalah contoh getaran pada bandul sederhana, bersumber pada pada bandul itu, Satu Kali Getaran adalah satu kali gerakan bandul dari titik A – B – C – B – A. Satu Kali getaran dapat juga dihitung titik mulainya dengan titik B atau Titik C.

Getaran Pada Pegas 

Lantas Pada Gambar kedua di atas yaitu contoh Getaran pada pegas yang didapatkan beban. Satu Kali Getaran pada Pegas Itu contohnya B – A – C – A – B. Satu Kali Getaran dapat juga dihitung dari titik mulainya dengan titik A atau Titik C.

Amplitudo 

Amplitudo yaitu simpangan paling jauh dari titik keseimbangan. Amplitudo dapat disimpulkan adalah jarak paling jauh dari titik keseimbangan ketika terjadi getaran. Perhatikan kembali Gambar pada bandul serta pegas sederhana di atas.

Pada Gambar Bandul, titik keseimbangannya yaitu titik B, serta Amplitudonya yaitu BA serta BC. Karena makin lama gerakan bandul akan makin kecil, hingga titik getaran pertamalah yang merupakan amplitudo dari bandul itu.

Pada Gambar Pegas, Titik keseimbangannya adalah titik A, serta Amplitudonya yaitu adalah AB serta AC. Karena makin lama gerakan pegas akan makin melemah, jadi getaran pertamalah yang merupakan amplitudo dari pegas itu.

Frekuensi 

Frekuensi Getaran yakni banyak jumlah getaran yang terjadi dalam satu detik. Satuan Frekuensi dalam System Internasional yakni Hertz (Hz). Dalam Fisika, Frekuensi disimbolkan dengan huruf “f” serta Rumusnya:

F = n/t

Keterangan:

f = Frekuensi (Satuannya Hertz disingkat Hz)
n = Jumlah Getaran
t = Waktu (Satuannya Sekon disingkat s)

Periode 

Periode yakni waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu kali getaran. Satuan Periode dalam System Internasional yaitu Sekon (s). Dalam Fisika, Periode disimbolkan dengan huruf “T” serta Rumusnya:

T = t/n

Keterangan:

T = Periode (Satuannya Sekon disingkat s)
t = Waktu (Satuannya Sekon disingkat s)
n = Jumlah Getaran

Periode serta Frekuensi saling terkait serta dapat dikaitkan satu dengan yang lainnya. Periode yaitu kebalikan dari frekuensi demikian juga sebaliknya. Oleh sebab itu diperoleh kesamaan:

T = 1/f dan F = 1/T

Keterangan:

T = Periode (Satuannya Sekon disingkat s)
f = Frekuensi (Satuannya Hertz disingkat Hz)

Beberapa Jenis Getaran 

Secara umum di kenal dua jenis bentuk getaran bersumber pada proses terjadinya getaran, yaitu:

Getaran Bebas

Sumber: temonsoejadi.blog
Getaran Bebas, yaitu getaran yang terjadi saat system mekanis dimulai oleh karena adanya gaya awal yang bekerja pada system itu sendiri, lantas dibiarkan bergetar secara bebas. Getaran bebas akan menghasilkan frekuensi yang alami lantaran karakter dinamika dari distribusi massa serta kemampuan yang membuat getaran.

Contohnya:

Bandul yang ditarik lantas dilepaskan serta dibiarkan, akan menghasilkan getaran hingga gerakan bandul itu berhenti.

Getaran Paksa 

Sumber: air.eng.ui.ac.id
Getaran Paksa, adalah sebuah getaran yang terjadi saat gerakan bolak-balik karena adanya gaya luar yang secara paksa menciptakan getaran pada system.

Misalnya yakni getaran tempat tinggal yang rubuh saat gempa.

Contoh Soal Getaran 

Satu bandul digetarkan hingga selama 1 menit, dan menghasilkan 40 getaran. Tetapkan periodenya!

Penyelesaian:

Diketahui:

t = 1 menit = 60 s
n = 40 getaran

Ditanya: T =?

Jawab:

T= t/n

T=60/40= 1, 5 s

Jadi, satu bandul memiliki nilai periodenya 1,5 s

Dan itulah pembahasan kami mengenai Pengertian, Rumus, dan Jenis Getaran, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Postingan kali ini mengenai Getaran di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari sumber pengetahuan untuk lebih memahami Segala Hal tentang Getaran. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. gurupendidikan.com
Advertisement