Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Pertumbuhan Makhluk Hidup, Perkembangan Makhluk Hidup, Perbedaan Antara Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Sumber: dosenpendidikan.com
Pertumbuhan yakni proses pertambahan tinggi, volume, atau massa tubuh makhluk hidup yang biasanya miliki sifat kuantitatif (dapat dihitung dengan angka). Pertumbuhan ini rata-rata dapat dilihat dari fisik makhluk hidup itu sendiri.

Proses pertumbuhan dapat terjadi karena adanya pertambahan jumlah sel lantaran pembelahan sel. Umumnya Pertumbuhan akan terbatas pada usia, artinya pada usia spesifik makhluk hidup akan berhenti pertumbuhannya. Contoh pertumbuhan yakni bertambahnya tinggi tubuh seseorang.

Perkembangan yakni proses menuju kedewasaan yang miliki sifat kualitatif (tidak dapat digambarkan dengan angka, lebih dilihat dari segi fungsionalnya) untuk jadi makhluk yang sempurna seutuhnya.

Perkembangan, tidak terbatas pada usia, artinya makhluk hidup senantiasa berkembang bersamaan dengan menambahnya usianya. Contoh perkembangan yakni proses seorang manusia dari lahir hingga bisa bicara, berdiri, dan berjalan.

Perbedaan Pertumbuhan dengan Perkembangan 

Cara Mengukur 

Sumber: pangeranarti.blogspot.co.id
Pertumbuhan miliki sifat kuantitatif, artinya pertumbuhan dapat digambarkan dengan ukuran atau bilangan, misalnya pertumbuhan panjang 5 cm, pertumbuhan berat tubuh sejumlah 4 kg, dan lain sebagainya.

Sedangkan perkembangan miliki sifat kualitatif, artinya perkembangan tidak dapat digambarkan dengan bilangan. Umpamanya kapabilitas bicara terbata-bata sampai lancar, kapabilitas dan perkembangan biji.

Bisa atau Tidaknya Dilihat

Pertumbuhan dapat diidentifikasi secara fisik dari kenampakan luar, sedangkan perkembangan hanya dapat diidentifikasi secara fisiologis dari kenampakan dalam. Mengukur pertumbuhan dapat dengan mudah dikerjakan karena dapat langsung dilihat dengan mata, sedangkan mengukur perkembangan lebih rumit dan kompleks.

Titik Batas

Pertumbuhan yaitu proses yang dibatasi oleh waktu atau usia, umpamanya pertumbuhan dalam proses pembentukan tulang yang berhenti pada usia 30-35 tahun, sedangkan perkembangan yakni proses yang tidak terbatas waktu. Perkembangan berjalan terus menerus bersamaan dengan menambahnya usia lewat siklus yang hanya berhenti karena kematian.

Berulang atau Tidaknya

Pertumbuhan miliki sifat irreversible, artinya ia tidak dapat kembali terulang lewat satu buah siklus. Sedangkan perkembangan miliki sifat reversible, artinya ia dapat kembali terulang sesuai dengan siklusnya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan 

Secara umum, faktor yang mempengaruhi makhluk hidup dapat dibagi jadi dua, yaitu: 

Faktor Internal (dalam Tubuh) 

Genetik 

Gen yakni faktor pembawa karakter pada makhluk hidup yang akan mengalami penurunan pada keturunan makhluk hidup itu. Gen akan mempengaruhi ciri fisik dan karakter makhluk hidup, oleh karena itu gen akan melakukan tindakan besar dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Di sini setiap spesies dari makhluk hidup memiliki karakter dan ciri khusus yang akan diturunkan pada keturunannya. Contohnya cukup sederhana, tidak ada burung yang melahirkan anak yang Kemudian akan tumbuh jadi kucing, nah ini disebabkan adanya efek genetik pada pertumbuhan dan perkembangan.

Hormon 

Sumber: malahayati.ac.id
Hormon yakni senyawa kimia organik yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengatur beragam macam aspek pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Meskipun jumlahnya sedikit di dalam tubuh makhluk hidup, namun hormon memiliki manfaat yang nyata terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

Contohnya pada manusia, penyakit anak yang terganggu pertumbuhan dan perkembangannya karena kekurangan Growth Hormon yang dihasilkan hipofisis anterior. Anak ini akan terganggu kecepatan pertumbuhannya.

Nutrisi (Makanan) 

Sumber: coachiwan.wordpress.com
Kami rasa secara umum sebagian besar masyarakat telah mengerti bila nutrisi memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Contohnya pada manusia dan hewan yang kekurangan nutrisi akan terlihat kurus dan terganggu pertumbuhan tingginya.

Ada 3 nutrisi yang perlu dipenuhi agar tubuh bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal, di antaranya yakni:
  1. Karbohidrat, 
  2. Lemak, 
  3. Dan protein. 

Faktor Eksternal (Luar Tubuh) 

Suhu Udara

Semua makhluk hidup membutuhkan lingkungan dengan suhu spesifik agar pertumbuhan dan perkembangannya normal. Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia terlihat akan optimal bila tubuhnya dalam kisaran suhu 36,5 - 37,6 derajat celcius.

Sedangkan tumbuhan memberi ketergantungan lebih pada suhu, contohnya tumbuhan akan kering pada terik matahari walaupun kepentingan airnya tercukupi.

Cahaya 

Cahaya sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, karena adanya proses fotosintesis. Kelembaban, Air, dan Tanah

Pada intinya beragam macam faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup yakni bagaimana keadaan lingkungan makhluk hidup itu sendiri.

Dan itulah pembahasan kami mengenai Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, untuk berbagai informasi yang kami sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga Postingan kali ini mengenai Makhluk Hidup di atas sedikitnya dapat menambah pengetahuan tersendiri bagi anda para pembaca.

Khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari sumber pengetahuan untuk lebih memahami Segala Hal tentang Makhluk Hidup. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses untuk sahabat semuanya.

Referensi:
  1. lahiya.com
Advertisement